Minggu, 26 April 2015

Penemu Termometer

Galileo Galilei adalah seorang berkebangsaan Italia yang lahir di Pisa, Italia pada 15 Februari 1564. Ia meninggal di Arcteri pada 8 Januari 1642. Selain menemukan termometer, Galileo Galilei juga berhasil mengembangkan teleskop dan juga berhasil mengubah berbagai pendapat para ahli sebelumnya, contohnya pendapat Aristoteles mengenai kecepatan benda jatuh.
Termometer adalah alat yang identik dengan suhu badan karena alat tersebut dikenal sebagai sarana untuk mengetahui suhu badan seseorang.
Santorio Santorio, seorang ilmuwan dari Italia yang memperkenalkan thermoscopedengan skala numerik, alat ini merupakan cikal bakal dari termometer.
Pada tahun 1593 GalileoGalilei memperkenalkan penemuannya yaitu termometer air yang merupakan menjadi dasar bagi pengembangan termometer selanjutnya. Setelah penemuan termometer oleh Galileo Galilei tersiar, pengembangan termometer terus berlanjut hingga pada 1714 seorang ahli fisika dari Jerman yaitu Gabriel Fahrenheit yang menemukan termometer alkohol dan termometer merkuri. Dari sini ia kemudian memperkenalkan skala suhu menurut perhitungannya yang selanjutnya dikenal dengan derajat Fahrenheit.
Setelah Fahrenheit muncul, nama Anders Celcius ikut tersiar. Ia adalah seorang ahli astronomi dari Swedia yang menemukan skala suhu menurut derajat Celcius(istilah yang diambil dari nama Anders Celcius dalam sebuah konferensi internasional tentang berat dan ukuran). Pengembangan termometer terus berlanjut hingga memunculkan nama baru lagi yaitu Lord William Thomson Kelvin seorang ahli dari Skotlandia. Nama ini memunculkan skala baru yaitu skala Kelvin. Skala Kelvin mengukur secar ekstrem batas akhir dari suhu panas dan batas akhir suhu paling dingin.
Pengemabangan termometer ini yang dilakukan secara berkesinambungan oleh beberapa ahli menununjukkan bahwa kebutuhan peralatan yang berkaitan dengan pengukuran suhu menjadi teramat penting bagi kehidupan manusia.

0 komentar:

Posting Komentar